Senin, Januari 05, 2009

Kabupaten Kuantan Singingi Menuju Kabupaten Digital


Kantor Bupati

Kabupaten Kuantan Singingi adalah salah satu dari 8 kabupaten di Propinsi Riau yang dimekarkan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 1999 Tentang Pembentukan Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kuantan Singingi, Dan Kota Batam, dimana kabupaten Kuantan Singingi sebelumnya adalah merupakan bagian dari Kabupaten Inderagiri Hulu. Ibukota berpusat di Teluk Kuantan Luas wilayah 7.656 km² 215.114 jiwa. Kepadatan penduduk 28 jiwa/km².

Pada saat ini Kabupaten Kuantan Singingi terdiri dari 12 kecamatan yaitu: Kecamatan Hulu Kuantan, Kecamatan Kuantan Mudik, Kecamatan Gunung Toar, Kecamatan Kuantan Tengah, Kecamatan Singingi, Kecamatan Singingi Hilir, Kecamatan Benai, Kecamatan Pangean, Kecamatan Logas Tanah Darat Kecamatan Kuantan Hilir, Kecamatan Inuman dan Kecamatan Cerenti.



Kantor Bappeda

Topografi

Kabupaten Kuantan Singingi terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi kira kira 400 m di atas permukaan laut. Dataran tinggi di daerah ini cenderung berangin dan berbukit dengan kecenderungan 5 – 300. Dataran tinggi berbukit mencapai ketinggian 400-800 m di atas permukaan laut dan merupakan bagian dari jajaran Bukit Barisan.(wikipedia)

Kuansing Gesa Pembangunan

Meskipun baru berumur setahun jagung (baca: 9 tahun)Kabupaten Kuantan Singingi berusaha mengejar ketinggalannya dari kabupaten-kabupaten yang telah lama berdiri. Beberapa indikator yang menunjukkan hal tersebut adalah digesanya pembangunan fisik dan non fisik untuk mewujudkan Kabupaten Kuantan Singingi yang maju berbudaya dan agamis dengan motto “BASATU NOGORI MAJU”. Pembangunan fisik yang telah dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi antara lain pembangunan Komplek Perkantoran Pemda yang berlokasi di kawasan Sinambek, pembangunan RSUD, Gedung Pertemuan Abdoel Raoef, Pasar Rakyat, Taman Arena Pacu Jalur dan lainnya. Disamping itu untuk juga telah dibangun ratusan kilometer jalan dan jembatan untuk membuka akses ke desa-desa terpencil di seluruh wilayah kabupaten.

Teluk Kuantan Waterfront City

Kota Teluk Kuantan yang merupakan ibukota kabupaten sekaligus sebagai pusat pemerintahan dengan konsep waterfont city dimana kota menghadap ke sungai Kuantan telah dibangun berbagai infrastruktur seperti Taman Jalur yang merupakan taman tempat bermain dan bersantai bagi masyarakat. Di pinggir sungai juga dibangun turap penahan tebing, yang berfungsi sebagai pengaman tebing supaya tidak longsor akibat erosi arus sungai dan sekaligus sebagai tempat wisatawan lokal maupun domestik menonton pacu jalur yang diadakan setiap bulan Agustus setiap tahun.

Telekomunikasi

Layanan PT Pos Indonesia sudah mencakup ke seluruh bagian daerah yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Penduduk juga dapat berkomunikasi dengan menggunakan telepon, juga dengan pengembangan teknologi selular, sekarang hampir semua layanan telekomunikasi selular (Telkomsel, Indosat, XL dan Flexi dan PT. Sampurna Telekomunikasi Indonesia dengan produk Ceria-nya ) telah dapat di akses di seluruh daerah di Kuantan Singingi.


Kuantan Singingi Go Digital

Saat Pemerintah Pusat masih kasak-kusuk dengan tender USO (Universal Service Obligation) yang katanya untuk menyediakan infrastruktur telekomunikasi murah bagi masyarakat pedesaan, pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi sudah bertindak lebih jauh, dengan segala keterbatasan dana dan upaya, Pemda Kuantan Singingi berusaha menyediakan layanan akses internet broadband berupa HotSpot Wifi dengan bandwidth 1 mbps bagi masyarakat umum sampai ke kecamatan-kecamatan. Pada saat tulisan ini dibuat (5/1/2009) di Kabupaten Kuantan Singingi, secara bertahap pemerintah daerah telah memasang beberapa HotSpot diantaranya dikawasan Komplek Perkantoran Pemda Kuantan Singingi di Sinambek, di seputar Lapangan Limuno dan Taman Jalur, di Kecamatan Gunung Toar dan Kecamatan Inuman. Menurut Andi Muhammad Ilham sebagai Administrator jaringan, beberapa waktu yang lalu mengatakan untuk selanjutnya akan dipasang di setiap kantor-kantor Camat seperti Kantor Camat Benai dengan memanfaatkan jaringan SIAK Online. Di kota Teluk Kuantan juga sudah tersedia layanan internet Speedy dari PT. Telkom Indonsesia sehingga bagi warga masyarakat yang tinggal di kota Teluk Kuantan dan tidak mempunyai komputer dapat mengkases internet di warnet. Beberapa warnet yang ada di teluk Kuantan antara lain KuantanNet, Jalur Internet di Jln. Proklamasi Sei Jering, ClusterNet dan GlobalNet di Simpang Tiga dan AccessNet yang beralamat di depan SMKN 2 Teluk Kuantan.(yuf)


Turap Pengaman Tebing Sungai Kuantan


Pasar Rakyat


Jembatan Pulau Bungin jembatan ini menghubungkan seberang teluk dengan Kota Teluk Kuantan


Kota Teluk Kuantan terlihat bersih

6 komentar:

  1. ayo.... semangat ....
    kita bantu pemda melalui semangat NgeBlog...........

    BalasHapus
  2. sip selamat berbekerja dan berjuang. Salam Blogger..

    BalasHapus
  3. Saya sampai ndak bisa ngasih komentar.... tulisannya bagus banget... selamat deh buat bg Joe Oj Hale m

    BalasHapus
  4. Saya sampai ndak bisa ngasih komentar... tulisannya bagus banget, selamat dech buat bg Joe Oj Hale, ada rencana pemda akan membuat sayembara penulisan blog tentang potensi kuansing supaya lebih memacu para blogger kuansing menulis tentang kuansing agar lebih dikenal dari kutub selatan ampe kutub utara gimana para blogger kuansing tolong sarannya

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas komentar para blogger semua di blog ini. Pada awal dibuatnya blog ini adalah termotivasi karena kesenjangan informasi antara yang tinggal orang kota besar dengan orang yang tinggal di desa. Khusus di kabupaten Kuantan Singingi sudah lebih maju dibandingkan kabupaten lain di Riau yang telah lebih dulu berdiri, dimana hampir 80 % wilayah Kuansing sudah ter-cover oleh komunikasi seluler. Selain itu yang lebih membanggakan kita disaat baru berumur 9 tahun Kabupaten Kuansing telah berhasil menggelar jaringan SIAK Online dan menyediakan beberapa Hotspot Wifi untuk umum yang masih dapat dikembangkan untuk setiap kecamatan yang belum ada layanan Speedy. Itu tidak terlepas dari partisipasi kita semua para blogger dan seluruh masyarakat Kuansing, terutama Bapak Andi sebagai Admin kita berharap supaya jaringan Intranet Kuansing dapat dikembangkan lagi, kalau perlu setiap sekolah terkoneksi ke internet sehingga dapat memacu pendidikan di Kuansing khususnya dan di Riau pada umumnya. Bagi blogger Kuansing saya ucapkan salam blogger..., mari kita satukan tekad untuk menuju Kabupaten Kuantan Singingi yang maju.. Selamat Berjuang!

    BalasHapus
  6. mudah-mudahan seluruh wilayah di kabupaten kuantan singingi memiliki area wifi/hotspot sehingga masyarakatnya dapat menikmati akses internet..

    BalasHapus

Komentar berupa spam akan dihapus.